Minggu, 18 Juli 2010

Tips mengatur waktu ..

Kata orang-orang, mahasiswa/i kedokteran itu super sibuk. Dengan buku yang setebel bantal, waktu maen yang kurang, ujian yang super super memusingkan dan juga amanah-amanah lain diluar kuliah yang sering dateng serempak..
Jadinya waktu 24 jam itu kaya yang kurang. Apa kamu termasuk orang seperti ini ? *kalo aku sih masi suka kaya gitu..

Nah, ini ada beberapa tips mengenai cara mengatur waktu yang baik. Mudah-mudahan tak hanya sebatas dibaca aja, tapi harus langsung diaplikasikan.. *khususnya buat aku sendiri..
ini aku dapet dari temen aku..

1. Buat rencana harian. Buat rencana harianmu sebelum dikacaukan dengan agenda-agenda lainnya. Sebaiknya lakukan ini dipagi hari atau malam sebelum kamu tidur. Dengan adanya rencana ini membuat kamu mendapat gambaran besar tentang rencana hari itu kamu mau ngapain aja. Kerjaanmu hari itu cuma satu, PATUHI jadwal yang sudah kamu buat sendiri.

2. Batasi waktu tiap kerjaan. Dalam jadwal yang sudah kamu buat tadi, batasi tiap kegiatan dengan detail. Misalnya kamu harus menyelesaikan membaca buku fisiologi sampai jam 1 siang, terus mengerjakan laporan sampai jam 4 sore, kemudian belajar anatomi sampai jam 8 malam. Dengan begitu, waktu untuk kegiatan-kegiatan lainnya menjadi tidak terpotong oleh kegiatan sebelumnya yang ga bisa kamu kontrol.

3. Gunakan kalender. Dalam manajemen waktu itu, sebaiknya gunakan kalender untuk mengatur semua daftar kegiatan yang kamu punya, sehingga kamu punya gambaran besar mengenai kegiatan seharian, seminggu atau bahkan sebulan kedepan.

4. Gunakan organizer. Bisa berupa buku organizer khusus atau menggunakan perangkat digital lainnya. Intinya, masukkan semua daftar kerjaan kamu, proyek, tugas-tugas, dan hal-hal penting yang mendukung jadwalmu seharian.

5. Tahu deadline. Tentukan kapan kamu harus menyelesaikan tugasmu. Tandai secara jelas dalam kalender atau organizermu.

6. Belajar berkata “TIDAK”. Ini memang susah, tapi jika kamu dapat melakukannya, kamu bisa fokus pada hal-hal yang seharusnya kamu lakukan. Jika kamu merasa tidak dapat menghandle nya, katakan tidak.

7. Target lebih awal. Ketika kamu menargetkan ontime, biasanya kerjaan kamu akan selesai ontime atau sedikit telat. Nah, bagaimana kalau kita menargetkan semua deadline kita lebih awal, sehingga ada waktu toleransi jika telat. Untuk janjian, jadwalkan lebih awal. Untuk sebuah laporan, targetkan selesai sehari sebelumnya.

8. Punya jam yang gampang terlihat. Terkadang kita begitu larut dengan berbagai kerjaan kita sampai lupa waktu. Nah, sebaiknya letakkan jam yang cukup gede di tempat kita biasa menghabiskan waktu.

9. Atur reminder 15 menit sebelumnya. Beberapa program kalender memiliki fungsi reminder. Jika kamu punya janjian yang penting, set alarm 15 menit sebelum jadwalnya.

10. Fokus. Apa kamu mengerjakan banyak hal sekaligus dan tak satupun selesai ? Jika begitu, fokuslah pada satu hal pekerjaan pada satu waktu.

11. Cegah gangguan. Sering merasa terganggu dengan telepon atau sms yang masuk saat mengerjakan laporan ? Atau perhatian kamu suka teralih dengan twitter dan facebook ? Tutup semua jalur-jalur pengganggu itu. Ketika gangguan-gangguan tadi dapat diminimalkan, kamu bisa lebih berkonsentrasi.

12. Catat penggunaan waktumu. Kalau kamu sedang online, kamu bisa menggunakan EggTimer untuk mencatat waktu online kamu. Jadi kamu akan tahu berapa waktu yang kamu habiskan untuk Facebook, Twitter, dan mengerjakan tugas kuliahmu.

13. Jangan perfeksionist. Terkadang sikap ingin menjadikan segala sesuatunya sempurna dapat menjadikan hambatan yang cukup besar untuk menyelesaikan tugas dan tidak efektif. Jadi lakukan sebisamu.

14. Prioritas. Karena kamu tidak dapat melakukan apapun dalam satu waktu, coba prioritaskan hal terpenting yang harus kamu lakukan.

15. Delegasikan. Jika ada sesuatu yang dapat orang lain lakukan untukmu, delegasikan tugas itu. Hal ini akan memperingan beban kerjamu.

16. Kerjakan tugas-tugas yang setipe dalam satu waktu. Untuk kerja-kerja yang berhubungan, silahkan kerjakan bersama-sama dalam satu waktu. Misalnya untuk menulis laporan dan belajar. Kamu bisa belajar sambil mengerjakan laporan, karena ketika menulis laporan kamu pasti butuh referensi tambahan. Nah, bisa sekalian belajar kan ?

17. Eliminasi pemakan waktumu. Merasa sangat terbuang waktumu oleh Facebook, Twitter, YM dan email ? Berikan waktu untuk mencek akun-akun tadi dalam waktu tertentu, dan patuhi. Tidak setiap saat kamu harus mengeceknya. Coba juga untuk menghilangkan bookmark ke situs-situs tadi.

18. Potong kegiatanmu. Satu alasan kenapa kamu kesulitan mengatur waktu adalah karena kamu tidak memotong kegiatan yang sudah lewat batas waktu. Walaupun itu mengasyikkan, jangan biarkan itu mengganggu kegiatan-kegiatanmu yang lain.

19. Berikan waktu diantara kegiatanmu. Jangan meletakkan jadwalmu sangat mepet waktunya. Berikan setidaknya 5-10 menit untuk narik nafas dan rehat sebentar. Waktu yang singkat itu bisa juga kamu gunakan untuk mereview tugas sebelumnya dan mempersiapkan diri untuk tugas berikutnya.

20. Pecah kerjaan yang besar jadi kecil. Terkadang kita akan merasa lelah jika melihat kerjaan yang besar sekaligus. Coba pecah kerjaan yang dirasa besar tadi kedalam kerjaan yang kecil-kecil dan mudah dicapai.

Itu 20 tips yang aku dapet. Semoga bisa bener-bener diaplikasikan di kehidupan kita sehari-hari..

eh ada satu lagi dan ini yang PALING PENTING..
Luangkan banyak waktu (luangkan lho BUKAN sisihkan) untuk berIBADAH..
sesibuk apapun, IBADAH tetep yang nomer satu.. kudu seimbang antara dunia dan akhirat..
karena kalo akhirat udah ada di genggaman, insya Allah, DIA akan mudahkan kita untuk menggenggam dunia..


Ada yang punya tips lainnya??
^^

0 komentar:

Posting Komentar

Daisypath - Personal pictureDaisypath Happy Birthday tickers